Rabu, 18 Mei 2011

DEMOKRASI INDONESIA

Demokrasi di Indonesia 'katanya' sudah sangat maju, memang benar sekarang pemilihan umum dilakukan dan ditentukan oleh rakyat, dan rakyat memiliki 'wakil' yang seharusnya menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah, yang kita sebut sebagai DPR. Namun apakah semua itu telah berfungsi sebagaimana mustinya?
Janji-janji parpol pada saat pemilu yang pro rakyat, apakah akan sama dengan setelah mereka mendapatkan kekuasaan?
Menurut saya yang meskipun kurang paham dengan sistem demokrasi di Indonesia ini. Kata demokrasi belom seutuhnya didapatkan oleh masyarakat indonesia.
Masih banyak sekali masyarakat kecil yang hak demokrasi, hak berpendapat, hak berkreatifitasnya tidak dapat keluar dengan bebas. Para wakil rakyat tidak benar-benar mewakili para rakyat menuju negara yang berdemokrasi.


DEMOKRASI BARAT

secara etimologis “ demokrasi” terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “demos” yang berarti rakyat atau penduduk suatu tempat dan “cratein” atau “cratos” yang berarti kekuasaan atau kedaulatan. Jadi secara bahasa demos-cratein atau demos-cratos (demokrasi) adalah keadaan negara di mana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada ditangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintahan rakyat dan kekuasaan oleh rakyat.
Demokrasi barat dirasa jauh lebih maju, tingkat kebebasan mengeluarkan pendapat bagi penduduknya lebih dihargai. karena seperti yang kita tau negara barat adalah negara yang bebas, hukum yang tidak mengikat. sehingga demokrasi di dunia barat lebih dapat terlihat dibandingkan yang terjadi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar